Mengapa Perempuan Tergila-gila Berbelanja?

Nov 28, 2013 by

Mengapa Perempuan Tergila-gila Berbelanja?

Oleh: Michel Weerden, Groesbeek

Penjelasan yang sangat menarik dari fakta ini berkaitan erat dengan fungsi perempuan dan laki-laki dalam sistem sosial masyarakat dalam sejarah evolusi manusia dari masa lalu, yaitu: laki-laki berburu, dan perempuan mengumpulkan.

Laki-laki berburu hewan-hewan mangsa untuk dijadikan santapan keluarga atau bentuk komunitas lainnya. Setelah para lelaki selesai berburu, mereka akan merasa sangat puas atas penaklukan terhadap hewan mangsa mereka. Sementara itu, perempuan adalah kaum yang gemar mengumpulkan buah-buahan dan biji-bijian di dalam hutan.

“Kebiasaan” masa lalu tersebut menjelma pada masa sekarang dengan “mengumpulkan” barang-barang yang memiliki “penawaran menarik” atau diberi label “diskon”/”korting”. Pusat-pusat perbelanjaan dan toko-toko memahami betul aspek kebiasaan ini, sehingga menjadi “fasilitator” utama bagi kaumperempuan dalam kehidupan masa kini.

Dalam kehidupan masa kini, secara tradisional kaum laki-laki mencari uang dan kaum perempuan dapat menggunakan uang hasil “buruan” tersebut untuk “mengumpulkan” benda-benda yang dianggap berguna atau memiliki nilai-nilai berharga.

Toko-toko dan pusat-pusat perbelanjaan melakukan berbagai cara untuk memfasilitasi “kebiasaan” perempuan ini, dan perempuan juga dengan senang hati dan penuh semangat secara aktif mengambil perang dalam “permainan” ini. Oleh karena itu, pada masa kini berbelanja menjadi sebuah aktifitas yang sangat menarik buat kaum perempuan dan lebih dari itu, berbelanja bisa menjadi pelipur lara bagi perempuan dalam menghadapi beberapa kegalauan dalam hidup.

Sumber: Quest, edisi Desember 2013

404