Bentuk Jamak Kata Benda dengan Akhiran “-s”

Jul 10, 2011 by

Walaupun sebagian besar bentuk jamak sebuah kata benda dalam bahasa Belanda ditandai dengan penambahan akhiran -en di setiap akhir kata benda, tetapi masih ada model lain pembentukan bentuk jamak sebuah kata benda, yaitu dengan memberikan penambahan akhiran -s pada akhir sebuah kata benda.

Forumlasi untuk bentuk jamak dengan akhiran -s adalah:

zelfstandig naamwoord + s

Contoh-contoh untuk kata-kata benda dengan akhiran -s dalam bentuk jamaknya:

de tafel de tafels
de computer de computers
de tovenaar de tovenaars

Apostrof

Apabila sebuah kata benda memiliki vokal tunggal pada akhir suku katanya, maka kita tidak bisa begitu saja menambahkan -s dalam pembentukan bentuk jamaknya. Hal ini terjadi karena jika dilakukan penambahan -s begitu saja, maka vokal tersebut akan berubah menjadi vokal tertutup. Oleh sebab itu perlu ditambahakan apostrof supaya tidak terjadi perubahan panjang vokal.

de auto de auto‘s
het menu de menu‘s
het programma de programma‘s

PENGECUALIAN: Pada aturan penggunaan ini terdapat sebuah pengecualian untuk bunyi “e” (bunyi “e” pada oktober)di akhir sebuah kata benda supaya tidak terjadi perubahan bunyi pengucapan.

het gebergte de gebergtes
de gewoonte de gewoontes
de boete de boetes

CATATAN:  Pada aturan ini tidak ada hubungan bunyi mati f dan s seperti yang telah dibahas pada bagian sebelumnya. Bunyi mati f tetap menjadi f dan bunyi mati s tetap menjadi s.

 

Sumber: disadur dan diterjemahkan oleh Admin dari Dutchgrammar.

Share This

404